Selasa, 26 Februari 2013

5 Jenis Madu Terbaik Di Dunia

5 Jenis Madu Terbaik Di Dunia


5 Jenis Madu Terbaik Di Dunia - Madu merupakan makanan atau minuman yang sangat berguna bagi manusia. Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang lebih dari ribuan tahun yang lalu. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Selain itu madu juga digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di setiap tempat yang ada kehidupan lebahnya, di situ pula ada madu yang dihasilkannya. Maka beruntunglah manusia yang berada di sekitarnya bisa memanfaatkan madu untuk kelangsungan hidupnya.
Di dunia ini banyak sekali jenis-jenis madu seiring dengan banyaknya spesies lebah penghasil madu dan bunga dari berbagai macam pepohonan. Dengan spesies lebah yang sama namun mengambil bunga dari pohon yang berbeda, maka akan menghasikan madu yang berbeda. Jadi, alangkah banyaknya jenis madu yang ada di dunia ini. Dari sekian banyak jenis madu, ada beberapa jenis yang bisa kita tahbiskan sebagai madu terbaik di dunia. Madu apakah itu? Nah, pada artikel kali ini akan diulas madu mana sajakah yang termasuk 5 Jenis Madu Terbaik Di Dunia.


Madu Beech Honeydew
Dua jenis kumbang dari Selandia Baru yang hanya hidup di pohon-pohon beech merah dan hitam memproduksi suatu zat kaya akan gula yang disebut honeydew. Kemudian terdapat sejenis lebah memakan zat gula tersebut dan menggunakannya untuk membuat madu yang disebut beech honeydew. Madu jenis ini warnanya sangat gelap dan kental seperti bubur. Juga memiliki lebih banyak mineral dan tidak mengkristal sebanyak madu pada umumnya.

Madu Bunga Heather
Madu bunga heather adalah jenis madu yang dihasilkan oleh lebah yang hanya memakan varietas bunga heather Skotlandia. Sarang lebah madu ini terlihat sangat tebal, rasanya sangat manis, dan bisa meleleh di mulut saat dimakan. Di Skotlandia kita dapat dengan mudah membeli salah satu madu terbaik di dunia ini, tapi sangat sulit bahkan hampir mustahil untuk membelinya di tempat lain.

Madu Hymettus
Madu Hymettus berasal dari gunung Hymettus dekat Athena Yunani. Madu ini sudah lebih dari 3.000 tahun yang lalu menjadi salah satu madu terbaik di dunia. Gunung Hymettus menjadi tempat tinggal lebah yang membuat madu ini yang hanya memakan satu jenis bunga yaitu sejenis bunga thyme. Sarang madu yang dihasilkan lebah sangat tipis dan memiliki bintik-bintik gelap di dalamnya. Orang Yunani terkenal sering memakannya dengan cara menuangkannya di atas yoghurt tawar sebagai makanan penutup.

Madu Sidr
Madu Sidr selain madu terbaik di dunia termasuk juga madu termahal mahal di dunia. Mengingat madu ini hanya diproduksi dua kali dalam setahun dan berasal dari pegunungan Hadramaut di Yaman dan Arab Saudi. Masa produksi ini ini telah berlangsung selama lebih dari 7.000 tahun. Madu ini berasal dari lebah pohon suci yang dinamakan Sidr.

Madu Manuka
Manfaat utama dari madu Manuka adalah untuk mengobati penyakit-penyakit seperti luka bakar di kulit, penyakit gangguan pencernaan dan lainnya. Madu ini berasal dari bunga semak Manuka yang terdapat di Selandia Baru. Warna madu ini gelap namun rasanya lezat dan manis. Karena manfaatnya yang luar biasa, madu Manuka menjadi salah satu madu terbaik di dunia.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...